Sabtu, 24 September 2011

Islamic Centre telah dibuka di New York

http://garbage.worldnewsco.com/wp-content/uploads/2011/09/Park51-Islamic-Cultural-Center.jpg
Sebuah Islamic Centre telah dibuka dengan mengambil lokasi di dekat tempat penyerangan 11 September di New York dan tanpa ada protes dari pihak yang selama ini memberikan penentangan.

Ratusan orang mengunjungi pameran untuk menandai pembukaan Rabu (21/09) malam, di kawasan tidak jauh dari gedung World Trade Centre yang diserang tanggal 11 September 2001.

Tahun lalu, para pendukung pengembangan Islamic Centre itu bentrok dengan mereka yang menentang dibangunnya tempat yang mencakup fasilitas mushola itu.

Islamic Centre yang disebut Park 51 itu terbuka untuk semua orang dan juga mencakup tugu peringatan serangan 11 September.

Ketua Park 51 Sharif El-Gamal mengatakan, fasilitas itu menunjukkan keragaman penduduk kota New York.

"Kami ingin memberikan sesuatu kepada New York, kepada setiap anak dan setiap orang. Pameran ini menunjukkan apa yang kami junjung yaitu masyarakat, pembangunan dan keragaman," kata El-Gamal.

Gamal menunjuk bentuk keragaman itu dalam salah satu karya yang dipamerkan, foto anak-anak New York oleh fotografer Danny Goldfield, seorang Yahudi.

Goldfield terinspirasi oleh cerita Rana Sodhi, seorang pemeluk Sikh yang pindah dari India ke Arizona. Kakaknya Balbir tewas terbunuh karena aksi balas dendam dengan latar belakang kebencian ras, empat hari setelah serangan 11 September.

"Mereka ingin membangun fasilitas untuk setiap orang dan itu terwakili di dinding-dinding pameran ini," katanya.

Islamic Centre ini sendiri belum selesai dibangun sepenuhnya.

Sharif El-Gamal mengatakan, gedung tingkat 15 ini mencakup auditorium, program pendidikan, kolam renang, restauran, studio seni, dan fasilias untuk anak.

Ia menambahkan, yang paling diperlukan di kawasan Manhattan adalah masjid untuk menampung ribuan Muslim yang bekerja atau tinggal di kawasan itu.

"Hari ini untuk pertama kalinya, semua orang bisa menyaksikan langsung sekilas bagaimana bentuk Park 51," kata El-Gamal.*.[hidayatullah/syaiful.i]

0 komentar:

Posting Komentar